MODERASI BERAGAMA DAN INTEGRASI SAINS: Bahan Ajar PAI berbasis Moderasi Beragama Terintegrasi Sains

Authors

  • Arif wiratama a:1:{s:5:"en_US";s:33:"UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi";}
  • Hafiq S UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Najmi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/ies.v7i1.99

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Integrasi, Moderasi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PAI terintegrasi sains berbasis moderasi beragam. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini terdapat tiga pintu utama masuknya pemahaman radikal dan intoleran dalam lembaga pendidikan, diantaranya; (1) melalui kegiatan ekstrakurikuler, (2) melalui peran seorang guru dalam memberikan pengajaran, dan (3) melalui kurikulum yang belum bisa mencegah masuknya pemahaman radikal dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan (Research And Develop ment) menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan uji soal essai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar dan saran perbaikan dari validator, guru dan siswa dan kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari angket guru dan siswa serta untuk mengolah data hasil uji efektifitas bahan ajar. Hasil Penelitian menunjukkan validasi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Diperoleh kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli validator dan dari hasil validasi produk dinyatakan layak digunakan. Tahap kedua yaitu produk diujicobakan kepada dua orang guru mata pelajaran untuk meminta penilaian terhadap produk yang dikembangkan diperoleh hasil penilaian guru sebesar 87,14% dalam kategori sangat baik. Dilanjutkan dengan ujicoba kepada siswa yaitu ujicoba satu-satu mendapatkan nilai kelayakan 94%. Hasil uji efektivitas bahan ajar menunjukkan antara pre-test dan post-test terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari persentase pretest sebesar 33% menjadi 73% pada postest . Perhitungan terakhir N-Gain diperoleh hasil rata-rata presentase 60% dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat dikatakan bahan terbuka Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PAI terintegrasi sains berbasis moderasi beragam. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini terdapat tiga pintu utama masuknya pemahaman radikal dan intoleran dalam lembaga pendidikan, diantaranya; (1) melalui kegiatan ekstrakurikuler, (2) melalui peran seorang guru dalam memberikan pengajaran, dan (3) melalui kurikulum yang belum bisa mencegah masuknya pemahaman radikal dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan (Research And Develop ment) menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan uji soal essai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar dan saran perbaikan dari validator, guru dan siswa dan kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari angket guru dan siswa serta untuk mengolah data hasil uji efektifitas bahan ajar. Hasil Penelitian menunjukkan validasi terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Diperoleh kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli validator dan dari hasil validasi produk dinyatakan layak digunakan. Tahap kedua yaitu produk diujicobakan kepada dua orang guru mata pelajaran untuk meminta penilaian terhadap produk yang dikembangkan diperoleh hasil penilaian guru sebesar 87,14% dalam kategori sangat baik. Dilanjutkan dengan ujicoba kepada siswa yaitu ujicoba satu-satu mendapatkan nilai kelayakan 94%. Hasil uji efektivitas bahan ajar menunjukkan antara pre-test dan post-test terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari persentase pretest sebesar 33% menjadi 73% pada postest . Perhitungan terakhir N-Gain diperoleh hasil rata-rata presentase 60% dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat dikatakan bahan terbuka Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-09-03