Model pembelajaran, Make A Match Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30631/ies.v6i2.83Keywords:
Penerapan, Make A Match, Aqidah AkhlakAbstract
Hasil belajar siswa pada kelas VIII C mengalami ketidaktuntasan secara klasikal. Hal ini dilatar belakangi dengan seberapa aktif siswa dan seberapa luas pemahaman dalam materi yang berdampak pada hasil belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Make A Match pada pembelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Kelas yang digunakan sebagai kelas yang diteliti adalah kelas VIII C secara keseluruhan siswa dikelas tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran Make A Match dikategorikan sangat baik. Hal ini dilihat skor hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan skor hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I nilai rata-rata 73,3 atau 17 siswa tuntas belajar, siklus II nilai rata-rata 86,3 atau 27 siswa yang tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Make A Match yang terjadi dari siklus I sampai siklus II adalah sebesar 79,8 yang artinya melalui penerapan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Abstract
Hasil belajar siswa pada kelas VIII C mengalami ketidaktuntasan secara klasikal. Hal ini dilatar belakangi dengan seberapa aktif siswa dan seberapa luas pemahaman dalam materi yang berdampak pada hasil belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Make A Match pada pembelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Kelas yang digunakan sebagai kelas yang diteliti adalah kelas VIII C secara keseluruhan siswa dikelas tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran Make A Match dikategorikan sangat baik. Hal ini dilihat skor hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan skor hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I nilai rata-rata 73,3 atau 17 siswa tuntas belajar, siklus II nilai rata-rata 86,3 atau 27 siswa yang tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Make A Match yang terjadi dari siklus I sampai siklus II adalah sebesar 79,8 yang artinya melalui penerapan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyrights and Licenses
Hak Cipta
Hak cipta atas artikel di Islamic Education Studies: An Indonesian Journal dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-SA. Dengan mengirimkan artikel ke jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal berarti penulis menyetujui kebijakan berikut ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.