PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST

Authors

  • ROIBAFI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yulia Oktarina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/ies.v7i1.100

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Bagi Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 21 siswa hanya 12 siswa (57,14%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase Hasil Belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II yang tuntas secara individu sebanyak 19 siswa (90,48%) dari 21 siswa telah memenuhi KKM. Hasil Belajar pada siklus II meningkat sejumlah 32,63 % secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Bagi Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 21 siswa hanya 12 siswa (57,14%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase Hasil Belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II yang tuntas secara individu sebanyak 19 siswa (90,48%) dari 21 siswa telah memenuhi KKM. Hasil Belajar pada siklus II meningkat sejumlah 32,63 % secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2024-09-04