PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST
DOI:
https://doi.org/10.30631/ies.v7i1.100Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Bagi Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 21 siswa hanya 12 siswa (57,14%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase Hasil Belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II yang tuntas secara individu sebanyak 19 siswa (90,48%) dari 21 siswa telah memenuhi KKM. Hasil Belajar pada siklus II meningkat sejumlah 32,63 % secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadist Bagi Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Muara Jambi sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individu dari 21 siswa hanya 12 siswa (57,14%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase Hasil Belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II yang tuntas secara individu sebanyak 19 siswa (90,48%) dari 21 siswa telah memenuhi KKM. Hasil Belajar pada siklus II meningkat sejumlah 32,63 % secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Islamic Education Studies : an Indonesia Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyrights and Licenses
Hak Cipta
Hak cipta atas artikel di Islamic Education Studies: An Indonesian Journal dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-SA. Dengan mengirimkan artikel ke jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal berarti penulis menyetujui kebijakan berikut ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.