PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAMPION PARALON PADA MATERI IDGHAM DAN IQLAB KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

DOI:
https://doi.org/10.30631/ies.v7i2.98Keywords:
Idgham dan Iqlab, Lampion Paralon, Media Pembelajaran.Abstract
Penelitian membahas tentang pengembangan media pembelajaran lampion paralon pada materi idgham dan iqlab kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Peneliti mengembangkan media pembelajaran lampion paralon dilatarbelakangi peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran dan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan menjadi penyebab ketidakaktifan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas media dan praktikalitas media pembelajaran lampion paralon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar obervasi, lembar validasi ahli media, dan ahli materi serta angket praktikalitas pendidik dan peserta didik. Penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran lampion paralon yang divalidasi oleh validator ahli media dengan persentase 84,37% kategori sangat valid dan validator ahli materi dengan persentase 92,85% kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket praktikalitas pendidik diperoleh persentase 80% kategori praktis dan peserta didik diperoleh persentase 97,9% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lampion paralon pada materi idgham dan iqlab kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo, valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Abstract
Penelitian membahas tentang pengembangan media pembelajaran lampion paralon pada materi idgham dan iqlab kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Peneliti mengembangkan media pembelajaran lampion paralon dilatarbelakangi peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran dan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan menjadi penyebab ketidakaktifan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas media dan praktikalitas media pembelajaran lampion paralon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar obervasi, lembar validasi ahli media, dan ahli materi serta angket praktikalitas pendidik dan peserta didik. Penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran lampion paralon yang divalidasi oleh validator ahli media dengan persentase 84,37% kategori sangat valid dan validator ahli materi dengan persentase 92,85% kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket praktikalitas pendidik diperoleh persentase 80% kategori praktis dan peserta didik diperoleh persentase 97,9% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lampion paralon pada materi idgham dan iqlab kelas IV MI DDI 1 Kota Palopo, valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Islamic Education Studies : an Indonesia Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyrights and Licenses
Hak Cipta
Hak cipta atas artikel di Islamic Education Studies: An Indonesian Journal dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-SA. Dengan mengirimkan artikel ke jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal berarti penulis menyetujui kebijakan berikut ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.