IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK CALON GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN STS JAMBI

Authors

  • Aris Munandar Aris UIN Sulthan Thaha saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/ies.v7i2.102

Keywords:

Implementation, learning differentiation, prospective teachers.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran diferensiasi dalam pendidikan calon guru, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan FGD yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran diferensiasi di kelas Pendidikan Agama Islam di UIN STS Jambi berjalan cukup baik meskipun masih terdapat tantangan dalam hal pengelolaan kelas yang heterogen dan keterbatasan sumber daya. Beberapa strategi yang diterapkan antara lain penggunaan berbagai media pembelajaran, penyesuaian materi sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa, dan pemberian tugas yang bervariasi. Meskipun ada tantangan, mahasiswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam pembelajaran dan peningkatan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan dengan efektif dalam mempersiapkan calon guru, meskipun diperlukan dukungan lebih lanjut dalam hal pelatihan pengajaran dan penyediaan fasilitas yang memadai. Pembelajaran diferensiasi juga berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa dengan karakteristik yang beragam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran diferensiasi dalam pendidikan calon guru, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan FGD yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran diferensiasi di kelas Pendidikan Agama Islam di UIN STS Jambi berjalan cukup baik meskipun masih terdapat tantangan dalam hal pengelolaan kelas yang heterogen dan keterbatasan sumber daya. Beberapa strategi yang diterapkan antara lain penggunaan berbagai media pembelajaran, penyesuaian materi sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa, dan pemberian tugas yang bervariasi. Meskipun ada tantangan, mahasiswa menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam pembelajaran dan peningkatan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan dengan efektif dalam mempersiapkan calon guru, meskipun diperlukan dukungan lebih lanjut dalam hal pelatihan pengajaran dan penyediaan fasilitas yang memadai. Pembelajaran diferensiasi juga berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa dengan karakteristik yang beragam.

Downloads

Published

2024-12-01